Monday, April 11, 2011

Review Kemana.com

Logo Kemana.com
Kemana.com

Sebelum kita review gimana interaksi manusia dan komputer dari web ini ada baiknya kita kenal sedikit tentang webnya. Kemana.com adalah e-commerce yang menyediakan bermacam-macam kebutuhan pelanggannya mulai dari produk buku sampai alat elektronik, dengan berbagai merek dari merek local sampai merek terkenal dengan harga yang bersaing. Kemana.com sendiri selalu ingin menjaga kepercayaan pelanggan, memberikan respect dan hubungan berkelanjutan yang baik dengan para pelanggannya.

Sama seperti web sebelumnya yang saya review kita akan membagi golongan penggunan internet ke 4 bagian yaitu : Browser, Evaluator, Transactor dan Customer. langsung saja kita mulai...


Browser

Untuk para pengguna internet golongan ini biasanya ingin melihat-lihat, mencari dan mempelajari hal-hal yang baru. Bagaimana Kemana.com menangani tipe2 golongan ini? mari kita lihat..

1. Slide show

Dengan gambar yang simple, kecil namun tetap dengan kualitas gambar yang bagus Kemana.com mencoba memperkenalkan dan memberikan informasi kepada para pengguna yang berada pada halaman home mengenai produk-produk yang sedang trend, diskon dan produk-produk baru. Slide show dengan image yang kecil tetapi berkualitas ini user tidak perlu menunggu terlalu lama walau dengan koneksi yang kurang baik, dengan begitu banyak informasi yang bisa tersampaikan kepada pengguna.

2. Learn more about kemana.com

kemana.com sangat mengerti dengan kebutuhan pelanggan, pada home page langsung mengarahkan pengguna baru kepada halaman mengenai perkenalan Kemana.com dengan menyediakan button "Learn more about kemana.com"

3. Departemen

Dengan pengkategorian produk kebeberapa departemen ini sangat membantu para pencari informasi yang hanya ingin sekedar tau apa saja produk-produk yang tersedia pada kemana.com untuk menjadi referensi pada saat dia hendak membeli.

4. Search

kemana.com juga menyediakan layanan search baik perkategory ataupun secara umum yang telah di set default. namun sayang untuk beberapa keyword pencarian kemana.com blun dapat memberikan suggestion atau saran kepada penggunan mengenai apa yang dicari pengguna seperti "Your search returns no results." tetapi tetap mengingatkan pengguna apa yang mereka cari dengan "Search result for (keyword search)"

Pada setiap halaman kategori produk kemana.com juga memberikan fasilitas sorting yang sangat membantu. seperti sorting menurut harga, terbaru dll.

5. Verify Secure

Logo lulus uji testing keamanan ini sangat memberikan pengalaman yang baik bagi para pengunjung yang nantinya akan menjadi pelanggan di web ini.

Dengan tampilan yang begitu menarik tampaknya kemana.com lupa memberitahukan navigasi kembali ke home page pada user. Selain navigasi yang berada pada footer logo kemana.com sebenarnya bisa sebagai link balik ke home page. namun untuk beberapa pemula itu hanya tampak sebagai gambar, banyak pemula yang harus kebawah mencari navigasi balik. Ada baiknya logo kemana.com di berikan sedikit sentuhan gradasi dan shadow agar tampak seperti button yang bisa di klik.

 


Evaluator

Tipe seperti ini adalah orang yang ingin di bantu dalam memutuskan pilihan tentu saja dengan pilihan terbaik dan harga termurah. Seperti sangat memahami kebutuhan penggunanya kemana.com menyediakan deskripsi dari setiap produk yang mereka jual tentunya dengan informasi lengkap mengenai fitur-fitur dari setiap produk plus review dari customer yang sudah memebeli. Rating dengan bintang juga sedikti membantu pengguna untuk memutuskan pembelian.

Tanpa harus login atau signup dahulu pengguna dapat langsung memasukkan barang kedalam keranjang belanja dan bisa mengestimasikan biaya pengiriman sesuai dengan daerah yang diinginkan.

 


Transactor

Transactor adalah tipe pengguna yang akan melakukan transaksi. Kemana.com menyediakan banyak cara untuk bertransaksi seperti : ATM online, Credit card dan juga Paypal yang tentu saja dengan logo verify secure yang merujuk kehalaman setifikasi kemana.com tentang keamanannya. Tentu saja ini memberikan kenyamanan yang baik kepada para pengguna untuk bertransaksi. Sebenarnya transaksi juga dapat dilakukan dengan menelfon tanpa dikenakan biaya ini merupakan salah satu nilai plus dari kemana.com tapi sayang kita tidak akan membahas ini terlalu jauh. tetapi ini merupakan support yang bagus dari kemana.com selain itu kemana.com juga menyediakan support via yahoo messengger tetapi sayang nya box support ini hanya ada pada home page, dan ketika saya berada dekat dengan produk, dihalaman detail maksudnya box support ini sudah tidak ada lagi.

Pembelian di kemana.com juga menyediakan pembayaran dengan dollar, jika anda tidak menset bahasa di awal pada saat anda memproses transaksi akan di tanyakan mata uang pembayarannya. Setelah memilih barang jika kita blun login atau signup makan kita harus login atau signup dulu jika sudah kita masukkan alamat pengirimannya. setelah itu kita dapat memilih tipe transaksi pembayarn. Untuk pembayaran menggunakan paypal anda di haruskan memilih mata uang dollar sebagai defaultnya yang berada pada di bagian atas page. Untuk pembayaaran dengan credit card anda akan diarahkan kehalaman nsiapay yaitu premium payment gateway. Untuk transaksi dengan ATM online dapat dilakukan dengan 3 bank (sedikit hiburan : kayanya ada yang seneng nih kalo payment nya, bisa pake BNI :p #ampunPak) seperti tampak pada gambar, tapi nomer rekeningnya di sensor nih coz gag enak nampilin nomer rekening orang lain -- silahkan langsung di cek di webnya.


Halaman pilih jenis pembayaran
Halaman pilih jenis pembayaran

 

Setelah anda memilih tipe transaksi anda akan di beri ID transaksi yang ngelink kehalaman confirmation order. di halaman itu anda di harus mengisi beberapa field yang .... ...... bentar... bentar.. kok jadi kaya tutorial

Intinya web kemana.com menyediakan kemudahan kepada pengguna yang ingin bertransaksi.


Customer

banyak fitur di kemana.com yang memudah kan customer contohnya wishlist. Whislist ini semacam list kebutuhan setiap pelanggan, ini ada supaya pelanggan bisa ingat kebutuhannya. Whislist ini juga bisa di share ke teman-temannya pelanggan jadi para pelanggan bisa ngasi tau temen-temennya "gw pengen ini nih, beliin dunks". sayang fitur share wishlist ini ke email ya semoga harapan kedepannya share wishlist ini bisa masuk kebeberapa jejaring sosial biar tampak lebih seru, jadi ngeshare nya ke temen2 di facebook mungkin bisa lewat foto atau semacamnya.

Kemana.com juga memberikan layanan berita-berita diskon atau produk baru kepada para pelanggan dengan banyak cara seperti lewat facebook, twiiter dan newsletter. Tidak hanya memberikan informasi kemana.com juga menerima masukan user lewat contact us. di contact us user dapat memberikan feedback dari experience nya dengan kemana.com.

Kemana.com juga menyediakan layanana garansi dan perbaikan juga menerima pengembalian order tentunya dengan syarat-syarat yang telah di ketahui kedua belah pihak

 

 

Mungkin cukup sekian dari saya seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak (-_-")

Segala kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan (dah cem nulis skripsi)

Hormat saya

Pauzi Ibrahim N

 

 

No comments:

Post a Comment