Wednesday, February 9, 2011

Optimalisasi Mesin Pencari SEO


SEO?? menurut wikipedia :D SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO banyak digunakan dalam dunia bisnis, berada diposisi teratas dalam mesin pencari akan membuat perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan SEO mendapatkan pelanggan baru,

 
Sedikit Sejarah Tentang SEO (masih dari wikipedia :D)

Menurut Danny Sullivan istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode HTML situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Teknik teknik SEO juga bermacam macam, secara garis besar, teknik SEO yang ada saat ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
Apa perbedaan dari 2 jenis SEO di atas ?


White Hat SEO
Optimasi suatu keyword sesuai yang dianjurkan TOS (Terms Of Service) mesin pencari, yaitu menerapkan cara-cara natural dengan proses offpage dan onpage optimization natural menggunakan proses backlinking standar, normal, dan tanpa rekayasa. jadi intinya White Hat SEO itu adalah teknik yang legal dalam melakukan SEO, karena mengikuti peraturan dari mesin pencari.


Beberapa Teknik White Hat SEO.


Internal Linking adalah upaya untuk mengaitkan satu halaman atau posting ke halaman atau posting yang lainnya. Satu conten halaman posting biasanya pasti berhubungan dengan posting halaman lain. Contoh mudah Internal Linking adalah bila sesekali membuka satu halaman web dengan judul tertentu, Anda akan disuguhi pula dengan halaman atau posting lain yang berkaitan dengan halaman yang sedang Anda baca. Sebagai contoh pada www.wikipedia.org. Web tersebut membuat Internal Linking dengan sangat sangat baik.

Reciprocal Linking atau Bertukar link dengan webmaster lain adalah cara yang baik (bukan yang terbaik, tapi baik) dalam upaya untuk mendapatkan tambahan link masuk ke situs Anda. Sebenarnya dalam teknik bertukar link ini ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang relevansi. Apa maksudnya? Relevansi adalah hal dimana link yang masuk dan juga link keluar relevan dengan tema utama blog. Sebagai contoh, link pada situs tertentu yang bertema bisnis akan lebih baik bila nge-link ke situs lain yang juga bertema sama. Meskipun demikian bukan berarti link dari situs tertentu yang tidak berhubungan sama sekali tidak bermanfaat. Ini akan bermanfaat pada penciptaan traffic meskipun tidak begitu signifikan, kemudian dari traffic ada harapan bahwa beberapa pengunjung yang datang adalah target.

Content Creation, inti Pengunjung datang ke blog anda untuk mencari sesuatu, atau membeli sesuatu. Jika konten yang terdapat di dalamnya benar benar sesuai yang dicari pengunjung, maka prospek semakin bagus.
Nah sedikit penjelasan di atas cukup menjelaskan kenapa kreasi konten dapat meningkatkan traffic dan mempengaruhi sukses marketing online anda. Buatlah content semenarik dan sebagus mungkin, informatif, mudah dimengerti dan dipahami, termasuk di dalamnya menggunakan huruf yang mudah dibaca dan lain sebagainya. Sebagai contoh sederhana, banyak mantan jurnalis yang beralih profesi dan sukses di bisnis online. Tapi ini bukan berarti Anda yang tidak bisa menulis akan terpuruk, jangan khawatir..ini hanya 1 teknik dari banyak teknik. Dan Anda bisa memilih teknik yang lain.

Site Optimation, Pelajari dengan benar optimasi situs, terutama struktur situs mulai dari header, body, title, dan seterusnya. Perlu pemahaman extra tentang yang berkaitan seperti html, script dan lain sebagainya. Pastikan meletakkan title, meta tag, meta content, dan lain sebagainya dengan benar. Dengan menggunakan white hat seo, mungkin dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mendatangkan traffic. Tapi inilah cara yang aman.


Black Hat SEO
Black hat seo pada hakikatnya adalah cara kotor dalam melakukan teknik optimasi untuk mendapatkan rangking terbaik di search engine google. Teknik seperti ini memang terbukti berhasil sanggup membawa sebuah halaman web bisa berada di halaman depan google top ten namun hanya bertahan singkat paling lama cuman seminggu setelah itu halaman tersebut akan menghilang atau bahkan blog situs ataupun web juga akan menghilang dari google karena dibanned oleh google. Cara mengecek apakah situs kita dibanned oleh google adalah dengan mengetikkan site:namasitus.com di kolom pencarian google. Jika tidak ada hasil yang muncul padahal sebelumnya ada maka jelas sudah blog situs ataupun web tersebut dibanned google karena teknik black hat seo.

Beberapa Teknik Black Hat SEO.

Link Farming adalah sebuah teknik mengumpulkan link di satu halaman web blog maupun situs. Dalam artian di satu halaman hanya berisi daftar link yang jumlahnya sangat banyak bisa sampai ratusan atau bahkan ribuan link.


Keyword Stuffing adalah cara dimana membuat sebuah halaman web yang isinya menerapkan sebuah kata yang berulang - ulang atau tidak wajar atau berkelebihanlah intinya atau menembak keyword secara membabi buta.

Cloaking Page / Doorway Page adalah cara dimana mencari jalan untuk membuat sebuah halaman web agar terus dilihat atau terus dikunjungi. Teknik seperti ini bisa dilakukan di blog bersangkutan ataupun di blog lain dengan cara menyisipkan sebuah kode bisa javascript dan bisa php yang gunanya adalah pemanggilan untuk sebuah halaman yang ingin dioptimasi. Cara simpelnya adalah mengunakan pop up. Pop up sendiri ada 2 pop up yang nampak dan ada pop up yang tidak kelihatan. Pop up adalah sebuah teknik membuka halaman web yang tidak ingin kita kunjungi terbuka di jendela baru. Jadi mau tidak mau ya tetap terbuka tuh halaman web lain. Contoh penerapannya bisa anda lihat di ziddu. Cara lain dari door way page ini adalah membuat kode refresh atau redirect ke halaman web tertentu yang ingin di redirect. Tentunya halaman yang punya trafik bagus misalnya katakalah traffiknya ribuan maka otomatis tuh pengunjung yang ribuan diredirect ke halaman web yang akan dioptimasi. Cara lainnya dari doorway page ini adalah memanfaatkan url redirect dari hasil pencarian google ketika kita mengetikkan di google lewat browser mozila firefox. caranya klik kanan pada blog situs ataupun web yang muncul di hasil pencarian google kemudian buka pada jendela baru kemudian cepat copy url redirect tersebut yang ada di browser setelah itu gunakan software auto surf setting pengaturan letakkan link redirect yang anda copy tadi lalu gunakan software switch proxy untuk mendapatkan alamat ip yang berbeda - beda saat surfing yang dilakukan otomatis oleh auto surf tersebut. Teknik auto surf ini membutuhkan sebuah koneksi yang cepat biar hasilnya pun cepat. Yang penting kalau ada koneksi internet sendiri rasanya cocok nerapkan teknik ini sambil tidur biarkan auto surf jalan selagi kita tidur.

Invisible Text (Teks Tidak Terlihat) adalah suatu teknik menyembunyikan kata sebuah keyword di dalam blog yang kata tersebut tidak akan tampak secara kasat mata. Caranya dengan menyamakan warna tulisan kata tersebut dengan latar belakang atau background template kita masing - masing. misal kalau template kita hitam maka buat warna text kata tersebut berwarna hitam. Tulisan yang tidak nampak tersebut dengan mata telanjang bisa dilihat dengan cara memblock semua halaman dengan cara ctrl+a gunanya untuk menghighlights atau menandai seluruh tulisan. Cara yang membuthkan waktu lama adalah dengan memperhatikan page source halaman web bersangkutan. Cara ekstrem untuk melakukan teks yang tak terlihat ini namun dapat terlihat oleh robot adalah dengan menerapkan kode berikut ke template :



Iteration Title adalah teknik perulangan judul dalam artian isi postingan ya hanya perulangan dari judul. Cara penerapannya ya simpel saja hanya buat postingan misal judulnya teknik black hat seo lalu isinya ya hanya perulangan dari judul tersebut yaitu teknik black hat seo. tidak perlu ditambah tulisan macam - macam lagi cukup hanya itu saja. Biasanya teknik seperti ini berlaku untuk keyword baru yang ada di google atau baru muncul di google. Kalau keyword dah banyak duluan digunakan web lain ya sama juga bohong gak ada artinya.


Cara diatas bisa membuat web anda di banned google namun bisa juga tidak dibanned dan akan terus bertahan di google top ten jika anda mengimbanginya dengan metode white hat seo yaitu teknik bersih dalam melakukan seo yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Ada banyak teknik white hat seo namun teknik white hat seo yang paling ampuh buat menghindari banned google untuk halaman yang menggunakan teknik black hat seo adalah teknik white hat seo yang sering digunakan para blogger dan makan waktu serta nguras tenaga yaitu apalagi namanya kalau sekedar blogwalking ke blog dofollow.

3 comments:

  1. thanks gan infonya sangat bermanfaat.. makasi gan

    ReplyDelete
  2. mantap gan
    buat nambah referensi SEO bisa cek dimari

    http://rezamazing.blogspot.com/2011/02/seo-search-engine-optimazion.html

    ReplyDelete
  3. ok gan makasi masukannya :D

    kunjungin yang lain gan dealopa.wordpress.com

    ReplyDelete